Pages

Sunday, March 13, 2011

Tim UGM Ikut Kompetisi di Jepang - Participate UGM Team Competition in Japan

Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada Yogyakarta terpilih mewakili Indonesia dalam kompetisi internasional "9th Students Formula SAE (Society of Automotive Engineers)" di Jepang, 5-9 September 2011.

UGM WAKILI INDONESIA DALAM KOMPETISI INTERNASIONAL FORMULA

"Dalam kompetisi yang diselenggarakan di Ogasayama Sports Park Jepang itu, Tim Bimasakti UGM akan bertanding dengan 84 tim universitas dari seluruh dunia," kata Kepala Bidang Humas dan Prokotol UGM Suryo Baskoro di Yogyakarta, Minggu (13/3/2011).

Menurut dia, Tim Bimasakti UGM yang beranggotakan 16 mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik itu menjadi satu-satunya tim perwakilan dari Indonesia.

"Tim secara khusus ditunjuk langsung oleh Kementerian Pendidikan Nasional untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi internasional yang sangat bergengsi tersebut," katanya.

Ia mengatakan, kompetisi ini merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Japan’s Society of Automotive Engineers (JSAE) untuk membuat kendaraan formula dengan mesin 600 cc.

"Dalam kompetisi tersebut semua kendaraan yang dilombakan akan dinilai, mulai dari penyusunan analisis biaya, desain mesin, presentasi, akselerasi kendaraan, efisiensi bahan bakar, ketahanan, autocross, dan skid-pad," katanya.

Menurut dia, tim yang telah terbentuk sejak November 2010 itu sudah resmi terdaftar sebagai anggota Ikatan Ahli Teknologi Otomotif (IATO). IATO adalah perwakilan resmi SAE untuk Indonesia.

Ke-16 mahasiswa yang tergabung dalam Tim Bimasakti UGM adalah Akmal Irfan, Andika Rinaldo Asry, Nosal Nugroho Pratama, Riandro Pramudyo, Fresilia Sukmawanty, Azhari Kurnia, Monanda Wandita.

Kemudian Hadiyan Yusuf Kuntoro, Muhammad Audi Yusuf, Akbar Suryo Sadarpo, Ahmad Ghozi, Mithafirsty Annisa Cesarysti, Habdhimas Sughandhiko, Budi Santoso, Doddy Jonathan Hutabarat, dan Mahathelge Mohammad.

"Mereka didampingi tiga dosen pembimbing, yakni Fauzun, Muhammad Agung Bramantya, dan I Gusti Budi Dharma," katanya.

No comments:

Post a Comment