Pages

Saturday, March 12, 2011

Kertas Daur Ulang - Recycled Paper

Koran, majalah, tabloid yang kita baca dan buku yang kita tulis, setelah digunakan tentu berakhir di tong sampah. Dapat anda bayangkan berapa juta ton kertas yang terbuang percuma setiap tahunnya setelah dimanfaatkan.

Pada pertengahan abad keduapuluh digalakan pemanfaatan kertas daur ulang (paper recycled). dan pemanfaatan kertas daur ulang terus meningkat dari tahun ketahun.

Cara membuat kertas daur ulang ini hampir sama denga cara pembuatan kertas, cuma bahannya saja yang berbeda. Kertas biasa dibuat dari serat kayu dan kertas daur ulang dibuat dari kertas bekas.

Persiapan Bahan Baku Kertas Daur Ulang

Prinsip dasar persiapan bahan baku kertas daur ulang kertas (stock preparation) yang pertama kertas bekas di hancurkan menjadi bubur kertas (repulping). Setelah itu proses pembuangan zat - zat yang mengkontaminasi kertas bekas, seperti bekas tinta.

Proses pembersihan kertas kertas ini ada tiga tahapan yaitu tahapan pencucian (washing). Proses pengapungan kotoran di dalam flotation cel gambar.1.Yang terakhir adalah proses penyaringan.

Bubur kertas yang berasal dari kertas bekas yang telah di proses ini yang diolah menjadi kertas lagi dengan cara mencampurnya dengan berbagai zat kimia.
Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment