Pages

Sunday, March 13, 2011

Kelebihan dan Kekurangan iphone 4 - Advantages and Disadvantages iphone 4

iPhone 4 diperkirakan hadir di indonesia Q3 ini, dalam 3 hari launchingnya disana, iphone 4 mencatatkan penjulan sebesar 1,7 juta ponsel, sebuah rekor. Beberapa sahabat meminta saya apa saja yang perlu dipertimbangkan dapalm membeli iPhone 4. Karena saya tidak pegang barangnya, saya kumpulksan semua informasi di internet, dan saya mendapatkan hasil yang cukup menarik.

PLUS iPhone 4G

  • Desain Kelas Atas


    Tidak bisa disangkal desain dan material iPhone adalah salah satu yang terbaik, jarang ada ponsel yang memadukan desain kelas atas sekaligus fungsionalitas sebuah smartphone. Ingat ponsel Vertu, itu adalah ponsel dengan material dan desain kelas atas…, tapi cuma telepon biasa, cuma buat telpon dan sms. Tapi iPhone 4 menawarkan desain kelas atas plus kemampuan smartphone.

  • Layar Terbaik


    Bisa dikatakan layar iPhone adalah yang terbaik (secara statistik), resolusi layar iPhone 4 adalah yang tertinggi di pasaran. Demikian juga sensitifitas layarnya dikatakan salah satu yang terbaik, tapi samsung dengan layar super AMOELEDnya dari beberapa sudut pandang lebih baik. Layar iPhone juga anti gores, kamu bisa mengirisnya dengan silet koq.

  • UI Mantap

    Interface iPhone 4 seperti 3GS terkenal paling asik….., walaupun semua itu selera, tapi tidak bisa disangkal UI dari iPhone susah dicari tandingannya.

  • Hardware Menjanjikan

    Processor 1 GHz dan RAM 512 MB adalah yang tertinggi di pasaran, tak heran game-game yang ada di iPhone sangat digemari karena grafisnya yang menawan.

  • Kamera Mulai Serius


    Jika sebelumnya banyak orang kecewa dengan kamera iphone sebelumnya, maka kamera iphone ini sudah mulai serius dengan 5 mp, plus lampu led. Fitur yang menarik bagi saya adalah Touch Focusnya.

  • Video Recorder TOP


    Kemampuan rekam videonya sudah 720p, saat ini adalah yang tertinggi di pasaran (walaupun bukan pelopor)

  • Noise Cancelation

    Jika kamu menelpon di tempat bising, teknologi ini sangat membantu. Walau hadir sejak lama, tapi ini pertama kalinya didedikasikan mic kedua

  • Audio Terbaik

    Jika didengarkan melaui earphone, maka kualitas musik iPhone 4 termasuk jajaran yang terbaik.

MINUS iPhone 4

  • Browser tidak mendukung flash

    Jika saat ini banyak browser menggunakan flash, maka iPhone mengambil keputusan yang kurang populer dengan tidak mendukung flash pada browsernya. Tapi jika kamu internetnya untuk facebook-an saja, sih ga masalah.

  • Multi Task tidak nyata

    Biasanya yang disebut multitasking adalah memperbolehkan aplikasi bisa berjalan di belakang layar sementara aplikasi lain lagi diakses, maka iphone multitaskingnya hanya bersifat minimize, jadi aplikasi yang diminimize tidak bisa berjalan dibelakang, hanya di-pause

  • Video Call Hanya via Wifi

    Nah iPhone sebelumnya tidak bisa mendukung video call, akhirnya video call hadir juga di iPhone 4, sayang hanya bisa lewat wifi, dan hanya bisa sesama iphone 4.

  • Tidak ada Tombol Kamera

    Ini hape bukan kamera, untuk apa tombol kamera khusus……, tapi disaat banyak hape mendedikasikan tombol kamera khusus, rasanya sedikit mengecewakan.

  • Tidak ada radio FM

    Radio sudah ketinggalan jaman…., rasanya bisa dimaafkan jika hape kita tidak ada radionya. Tapi hampir semua ponsel sudah ada radio FMnya, rasanya kecewa juga ya kalo ga ada radionya.

  • Speaker tidak stereo dan mengecewakan

    Walaupun kualitas audio iphone 4 salah satu yang terbaik (jika via earphoen), tapi speakernya tidak stereo dan performanya dibawah rata-rata. Biasanya juga denger musik lewat earphone kan…, atau via speaker aktif, jadi ga perlu kecewa banget…

  • Tidak ada slot microSD

    Nah yang ini rasanya ga perlu ditanyakan, jika punya harddisk 8/16/32 Gb, buat apaan microSD. Kecuali jika kamu mau ngisi microSD 32 GB lagi karena kurang puas

  • Sangat Tergantung iTunes untuk konten multimedia

    Apa-apa mesti via iTunes, iphone tidak bisa jadi falshdisk kaya ponsel kebanyakan.

  • MicroSIM

    Ternyata iphone 4 ga bisa dimasukkan SIM sembarangan, harus tipe microSIM. Nampakanya untuk menghindari iphone di-unlock atau di-jailbreak. Tapi gampang koq, tinggal bongkar SIM aja, mestinya bisa diatasi masalah ini.

  • Isi BOX yang Pelit

    Yah…., jika kamu mampu beli iPhone 4, mestinya bisa beli aksesorisnya kan, jadi jangan terlalu dipermasalahkan

BUG iPhone 4

  • Dot Kuning pada layar

    Beberapa user mengeluhkan adanya dot kuning pada layar iphone 4, tapi dari googling yang saya lakukan, dot itu akan hilang dalam beberapa hari…., nampakanya cuma bekas lem saja. Foto diatas saya dapatkan dari engadget.

  • Isu Sinyal yang suka DROP

    Nah ini juga bug yang paling polpuler, sinyal di iPhone 4 ternyata tidak stabil, dan jika kita memegangnya tidak tepat, sinyal langsung hilang. Kasus drop call juga sering terjadi di iphone 4 (sumber: GSMArena). Dari googling yang saya lakukan, ini bisa diatasi dengan bumpers (sumber: Mobile-Review).

  • Rentan bila Jatuh

    Ternyata, iphone tidak semantap desainnya, sangat rentan jika jatuh. Dari googling yang saya lakukan, iphone 4 dicoba dijatuhkan oleh orang-orang di ifixyouri, dan hasilnya iphone langsung hancur saat pertama menjatuhkan (sumber dan video menjatuhkan iphone 4: ifixyouri). Sebagai pembanding, eldar dari mobile-review menjatuhkan nokia n8 dari berbagai sudut tidak menyebabkan nokia n8 rusak.

  • Tombol Volume Terbalik

    Beberapa user mengeluhkan tombol volume terbalik, jadi untuk membesarkan ternayata untuk mengecilkan. Tidak di semua iPhone dan tidak parah banget, tapi ini blunder dari Apple untuk ponsel mahal. (sumber: iPhone Fact)

  • Lingkaran Hijau pada Hasil Foto

    Beberapa user mengatakan ada lingkaran hijau setiap memotret menggunakan iPhone, tapi ini tidak dialamai semua ponsel, jadi kamu bisa mengatasi masalah ini (jika kejadian di kamu) dengan klaim garansi. (sumber: iPhone Fact)

  • iPhone 4 Bisa Terbakar (Meledak?)

    Beberapa user melaporkan panas yang terjadi saat mengoperasikan iPhone saat mencolokkannya ke USB komputer, bahkan beberapa diantaranya sampai terbakar tangannya (sumber: Boy Genius Report)

  • Suka Disconect saat Nelpon

    GSMArena menguji saat menelpon menggunakan iPhone 4, ternyata saat bersentuhan dengan pipi, sering telpon terputus karena sensor layarnya mengira kita menekan tombol end. Ini artinya sensor proximity-nya bermasalah (sumber: GSMArena)

AKHIR KATA

Harga iPhone unlock seharga 630 euro (Rp.7,25jt) untuk yang 16 GB dan 740 euro (Rp.8,55jt) untuk 32 GB jelas menempatkan iPhone 4 sebagai smartphone termahal saat ini. Kemewahan dam fungsionalitas dari iPhone 4 sangat pantas dihargai semahal itu….., itu tentu jika kamu mencari ponsel mewah dengan fungsionalitas top.

Tapi melihat banyaknya bug, dua yang terparah adalah sinyal yang cepat drop jika salah megang dan sensor yang membuat telpon terputus, rasanya perlu pertimbangan matang sebelum membeli iphone 4, apalagi banyak ponsel yang lebih value dari iphone 4 padahal tidak kalah canggih. Sayang apple malah menyalahkan pembeli atas bug itu, dibilang agar sinyalnya ga hilang megangnya harus benar (nokia sampai mengeluarkan tutorial cara memegang ponsel Nokia untuk menyindir sikap apple…, baca: Bagaimana Cara Memegang Hape Nokia). Berikut cara salah memegang iPhone 4:

Sungguh mengecewakan karena yang disalahkan adalah user, bukan mengakui kesalahan desain antena….. iPhone 4 tetap produk layak beli koq…., cuma mungkin tidak buat semua orang.

No comments:

Post a Comment